Panduan Memandikan Bayi Sesuai Usia

Nutrilia -  Panduan Memandikan Bayi Sesuai Usia. Menjadi seorang ibu memanglah tidak semudah yang dibayangkan. Seorang ibu yang telah memiliki anak harus siap menjadi super mom, karena bukan hanya tugasnya mengurus anak - anak saja melainkan mengurusi pekerjaan rumah, suami dan karir/bisnis bila mempunyai sebuah bisnis. Seorang wanita seperti halnya ibu kita memang ditakdirkan untuk menjadi super mom. Bayangkan saja saat selesai mencuci, harus segera masak, pel lantai, bersih-bersih halaman, belum lagi kalau anaknya rewel, harus dimandikan, disuapin untuk sarapan dan lain sebagainya.

Menanggapi kondisi tersebut super mom harus bisa cepat beradaptasi dengan situasi seperti ini. Seiring berjalannya waktu pekerjaan rutinitas ini akan terasa lebih ringan karena sudah biasa melakukannya.

Panduan Memandikan Bayi Sesuai Usia

Bicara soal memandikan bayi untuk para ibu yang baru memiliki anak pertamanya mungkin agak ketakutan untuk memandikannya. Melihat kondisi kulit bayi yang masih ringkih tentunya harus berhati-hati dalam memandikannya. Selain itu ketakutan karena belum berpengalaman, apakah memandikannya menggunakan air hangat atau air dingin?

Berikut ini ada beberapa langkah untuk memandikan si kecil sesuai dengan usianya.

Bayi Usia 0-3 Bulan


  1. Untuk memandikan bayi usia 0-3 bulan disarankan menggunakan air hangat. Kulit bayi yang baru lahir memiliki kulit yang tipis sehingga masih sensitif. Air dingin bisa membuatnya hipotermia. Jadi pertama siapkan air hangat di bak mandi
  2. Awali dengan mengelap bagian tubuh bayi dan kepala. Kemudian mulailah dengan mencuci rambutnya.
  3. Selanjutnya jika bagian kepala sudah selesai dibersihkan, kemudian bersihkan badan bayi depan dan belakang, mulai dari membersihkan alat kelamin bayi. Kemudian baru badan bayi, tangan dan kaki.
  4. Terakhir bilas menggunakan washlap yang sudah dibasahi air hangat untuk membilas keseluruhan badan bayi sampai bersih

Usia 4-11 Bulan


  1. Usia 4-5 bulan, bayi sebaiknya masih dimandikan dengan air hangat. Bayi diperkenalkan dengan air dingin ini mulai dari usia enam bulan ke atas. 
  2. Awali dengan membersihkan tubuh bayi bagian depan dan belakang dengan menggunakan washlap yang sudah diberi sabun bayi. Pastikan sabun yang digunakan ini lembut dan aman bagi kulit bayi.
  3. Setelah bersih dan cairan sabun hilang semua, angkat bayi dari bak mandi dan keringkan dengan handuk.

Usia 1-5 Tahun

Memandikan anak di atas usia 1 hingga 5 tahun memang perlu ekstra sabar. Mereka seringkali berlari atau menangis sebagai bentuk penolakannya untuk mandi. Berikut kiat-kiat suksesnya :

  1. Ambil salah satu boneka/mainan kesayangannya yang dapat dimandikan supaya ia tertarik untuk mandi.
  2. Mintalah ia untuk memandikan boneka/mainannya sementara Bunda memandikannya. Jangan lupa lakukan sambil bernyanyi.
  3. Ajarkan ia untuk membersihkan tubuhnya sendiri. Membersihkan lipatan-lipatan kulit di tubuhnya. Setelah itu Bunda sempurnakan bila dirasa masih ada yang belum bersih.
  4. Sesekali Bunda boleh ikut mandi bersama si gadis atas Ayah bersama si jagoan. Mandi bersama akan lebih seru.
  5. Perhatikan suhu air. Air yang terlalu dingin membuat anak enggan mandi dan tidak nyaman.
  6. Tanyakan sebelumnya ia mau mandi air hangat atau dingin.

Nah, kini Bunda tak perlu lagi berlari mengejarnya untuk mandi.

Tips:

-  Jangan memandikan anak di tempat terbuka. Ajarkan ia tentang malu dan menghargai anggota     
    tubuhnya sendiri. Mandi di tempat tertutup menghindari anak dari Pedofil.

-  Saat anak demam, anak masih boleh dimandikan 2 kali sehari. Sebaliknya, ia akan merasa tidak 
    nyaman (gatal dan lengket) bila tidak dimandikan.

-  Gunakan sabun keluarga yang cocok di kulitnya.

Source: infobunda
Latest
First